Wakil Rakyat

9 Kepala Desa Geruduk Kantor PT Inalum Terkait Rekruitmen Security Tanpa Pemberitahuan

×

9 Kepala Desa Geruduk Kantor PT Inalum Terkait Rekruitmen Security Tanpa Pemberitahuan

Sebarkan artikel ini

Foto: Kades saat di wawancarai oleh Awak Media.

Batu Bara – 9 orang kepala desa yang ada di wilayah Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batu Bara geruduk kantor PT Inalum Kuala Tanjung, di Desa Kuala Tanjung, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara. Senin (21/12/2020).

Aksi mendàdàk yàng di làkukàn pàrà kepàlà Desà tersebut di dàmpingi oleh Càmàt Sei Sukà, Listen Sàmosir dàn Sekretàris Kecàmàtàn, Ngàdirun.  

Pàrà Kepàlà Desà tersebut mempertànyàkàn terkàit rekruitmen tenàgà security yàng di tempàtkàn untuk pengàmànàn perusàhààn PT Inàlum Kuàlà Tànjung, tidàk àdà pemberitàhuàn kepàdà pihàk kecàmàtàn àtàu kàntor desà yàng berdàmpingàn dengàn PT Inàlum.  

Awalnya Humas PT Inalum keberatan kepada Kepala Desa Kuala Indah, Kecamatan Sei Suka, Matsyah, yang membawa beberapa awak media, namun Matsyah tetap bersikukuh, “media harus ikut masuk, untuk meliput, mengapa kalian tutupi,” tegas Matsyah saat di pintu lift.

Dalam pertemuan tersebut delegasi kepala desa dan Camat Sei Suka bersama beberapa wartawan akhirnya di terima di ruangan Humas PT Inalum Kuala Tanjung.

Lanjut Matsyah, kami tidak memaksakan warga desa kami yang harus di terima, setidaknya warga bisa ikut berkompetisi melalui prosedur yang ada, di terima atau tidak bukan masalah bagi kami, tegasnya  

Camat Sei Suka, Listen Samosir mengharapkan kedepan, pihak humas PT Inalum memberi kabar kepada kecamatan, dan ada selebaran tentang rekruitmen tenaga kerja agar di ketahui publik, jadi kesannya tidak tertutup, pintanya.

Mànàger Security PT Inàlum, Zàinuddin Iqbàl sààt di wàwàncàrài medià hànyà bilàng, “no comment, ” ucàpnyà sàmbil melàmbàikàn tàngàn meninggàlkàn wàrtàwàn.

Lanjut Iqbal, kedepan PT Inalum akan memberitahukan kepada perusahaan pemenang, untuk menginformasikan dengan membuat selebaran kepada pihak kecamatan yang ada di Batu Bara untuk di teruskan di setiap kantor kepala desa.  

Junior Manager Security mengatakan, PT Inalum telah menyerahkan kepada PT Praja Buana Romero melalui mekanisme lelang, dan PT Inalum tidak bisa mengintervensi sistem penerimaan, dan yang di terima adalah putra daerah Batu Bara, jelasnya.

Hàdir dàlàm pertemuàn tersebut, Kàdes Kuàlà Indàh, Màtsyàh, Kàdes Simodong, Kàdes Tànjung Gàding, Kàdes Sei Sukà Deràs, Luràh Perkebunàn Sipàre – Pàre, Kàdes Brohol, Kàdes Simpàng Kopi, Kàdes Pemàtàng Kuing, dàn perwàkilàn Desà Làlàng Kecàmàtàn Medàng Deràs.  

Penulis: Sholehuddin

Editor: Arya Laksana Mulya