Scroll untuk baca artikel

Pemerintahan

Dinas Dukcapil Dairi Dukung Pelaksaaan PPDB SMA/SMK Tahun 2024

0
×

Dinas Dukcapil Dairi Dukung Pelaksaaan PPDB SMA/SMK Tahun 2024

Sebarkan artikel ini
Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provsu saat lakukan sosialisasi penerimaan peserta didik baru di SMKN1 Sidikalang, (16/5/2024).(kedannews.com/Sondang Silalahi).
Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provsu saat lakukan sosialisasi penerimaan peserta didik baru di SMKN1 Sidikalang, (16/5/2024).(kedannews.com/Sondang Silalahi).

Dairi, kedannews.com – Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Salman, S.Sos, MAP resmi membuka kegiatan sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tahun Pelajaran 2024/2025, bertempat di SMK Negeri 1 Sidikalang, Kamis (16/05/2024).

Dalam sambutannya, Kacabdis Wilayah IV Salman, S.Sos, MAP mengatakan bahwa dalam waktu dekat akan dilaksanakan secara serentak penerimaan peserta didik baru untuk tingkat SMA dan SMK di Sumatera Utara. Oleh karena itu perlu dilakukan persiapan yang matang oleh seluruh sekolah SMA dan SMK di seluruh Kabupaten Dairi.

“Penerimaan PPDB harus dilaksanakan dengan objektif, transparan, akuntabel, dan tanpa diskriminasi. Jalur pendaftaran meliputi zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua/wali dan prestasi. Sistem yang dipergunakan masih seperti sebelum melalui jaringan (daring) secara penuh”, jelasnya dengan penuh semangat dihadapan seluruh Kepala Sekolah SMA dan SMK se – Dairi.

Ia juga mengharapkan kerjasama dari seluruh stakeholder terkait seperti pihak kepolisian, TNI dan instansi Pemerintah Daerah seperti Dinas Dukcapil Dairi, Dinas Kominfo untuk mendukung kelancaran dalam PPDB Tahun 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Kadis Dukcapil Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si memaparkan terkait dukungan Dinas Dukcapil Dairi dalam pelaksanaan PPDB SMA dan SMK Tahun 2024 untuk menerbitkan surat keterangan domisili bagi warga yang membutuhkan kelengkapan dalam penerimaan peserta didik baru sesuai dengan Petunjuk Teknis PPDB Tahun 2024 yang dikeluarkan Kadis Pendidikan Provinsi Sumatera Utara.

“Dinas Dukcapil Dairi siap mendukung kelancaran pelaksanaan PPDB Tahun 2024 khususnya dalam penerbitan surat-surat keterangan domisili, Kartu Keluarga dan surat-surat yang diperlukan sebagai kelengkapan administrasi”, ungkapnya dihadapan para Kacadis Wilayah IV dan para peserta sosialisasi yang hadir.

Kadis juga berharap agar seluruh Kepala Sekolah sebagai penyelenggara PPDB Tahun 2024 untuk berhati-hati terkait surat-surat yang tertanda elektronik agar melakukan validasi melalui pemindai QR pada dokumen surat keterangan yang diterbitkan Dinas Dukcapil Dairi.

Selain itu, Deddy juga mengajak seluruh Kepala Sekolah SMA dan SMK se – Dairi untuk mendukung program pelayanan Jempol siturang rekam KTP-el bagi seluruh peserta didik yang telah berusia 17 tahun.

“Kami akan turun memberikan pelayanan Jemput Bola Adminduk Siap Turun Langsung atau dikenal dengan Jempol Siturang rekam KTP-el bagi seluruh peserta didik SMA dan SMK se – Dairi setelah selesai PPDB 2024. Hal ini dilakukan untuk menuntaskan kepemilikan KTP-el bagi pemula dan juga perhelatan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024. Rekam KTP-el akan dimulai dari usia 16 tahun. KTP-elnya akan dicetak ketika tepat berusia 17 tahun. Sedangkan yang telah berusia 17 tahun akan langsung dicetak KTP-elnya”, imbuhnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kadis Dukcapil Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si, mewakili Kapolres dan Dandim, mewakili Dinas Sosial Dairi, Dinas Pendidikan Dairi, BPBD Dairi, seluruh Kepala Sekolah SMA/SMK Negeri se-Dairi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *