Wakil Rakyat

Gelar Sosperda, Antonius Tumanggor Imbau Warga Melengkapi Adminduk 

9
×

Gelar Sosperda, Antonius Tumanggor Imbau Warga Melengkapi Adminduk 

Sebarkan artikel ini
Antonius Devolis Tumanggor menggelar Sosialisasi Perda kota Medan Ke- XI tahun 2023 Nomor 3 Tahun 2023 Tentang Administrasi kependudukan anggota DPRD kota Medan, di Halaman Parkir Emaus Jalan Beringin 3 No.9 Kelurahan Helvetia Kecamatan Medan Helvetia, Sabtu (4/11). (kedannews.com/istimewa)

Medan, kedannews.comPelaksanaan Sosialisasi Perda kota Medan Ke- XI tahun 2023 Nomor 3 Tahun 2023 Tentang Administrasi kependudukan anggota DPRD kota Medan, Antonius Devolis Tumanggor menghibur para relawan dan warga masyarakat se- Dapil 1 dengan membawakan lagu Batak dan Nasional dan dilaksanakan di Halaman Parkir Emaus Jalan Beringin 3 No.9 Kelurahan Helvetia Kecamatan Medan Helvetia, Sabtu (4/11). 

Kegiatan Sosperda tersebut dimulai pukul 15.00 Wib sampai selesai. Meskipun sempat diguyur hujan, namun hal itu semakin membuat para relawan, pendukung dan warga undangan yang hadir bersemangat untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Pada kata sambutan pembukanya, Antonius Devolis Tumanggor menghimbau agar warga masyarakat peduli terhadap kelengkapan Adminduk dengan mendaftarkan ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Medan. Disambung oleh Antonius kebanyakan permasalahan administrasi kependudukan masyarakat adalah identitas diri tidak terdaftar di sistem Adminduk, selain itu juga NIK KTP atau KK juga sering tidak sinkron sehingga membuat pengurusan di bank, BPJS Kesehatan terkendala.

Adminduk sangatlah penting karena ketika lahir sampai dewasa warga akan terdaftar secara online dan akan sangat memudahkan saat melakukan pengurusan baik disaat mencari pekerjaan, melanjutkan pendidikan, dan atau pengurusan bank ataupun pernikahan.

“Perda Adminduk ini sengaja disosialisasikan, karena sejak baru lahir hingga dewasa identitas itu sangat dibutuhkan. Apalagi sekarang di Kota Medan untuk berobat pun hanya menggunakan KTP saja. Kemudian, nama kita atau anak kita itu harus disinkronkan di akte lahir, KK dan KTP agar tidak ada berbeda hurufnya,” ucapnya.

Diterangkan Antonius lagi pemerintah daerah berkewajiban dan bertanggung jawab dalam menyelenggarakan urusan Administrasi Kependudukan yang ada tertulis pada Bab III pasal 4 ayat a sampai g.

“Pada Bab IV Pendaftaran Penduduk di pasal 9, pelayanan pendaftaran penduduk terdiri atas a. Pencatatan Biodata Penduduk, b. Penerbitan KK, c.penerbitan KTP elektronik, d. Penerbitan KIA, e.penerbitan surat keterangan penduduk, f.pendataan penduduk rentan administrasi kependudukan dan g.pendataan penduduk non permanen. Pada pasal 19 kartu keluarga, setiap penerbitan kartu keluarga (KK) bagi penduduk WNI atau penduduk orang asing terdiri atas penerbitan KK baru, penerbitan KK karena perubahan data, penerbitan KK karena hilang atau rusak,” ungkapnya.

Disebut lagi, ada warga yang selama ini menetap di kota Medan namun KTP dan KK nya masih warga Deliserdang.

“Nah..seharusnya jika memang sudah lama tinggal dan menetap di kota Medan ada baiknya segera diuruskan surat pindah termasuk KTP dan KK. Tujuannya agar lebih mudah ketika hendak melakukan pengurusan Adminduk,”,terang nya.

Selain itu, lanjut Politisi dari Partai NasDem ini lagi, masih banyak ditemukan di Sopo Restorasi Adminduk tidak lengkap seperti nama kurang lengkap, kekurangan huruf, dan NIK nya tidak terdata sehingga menghambat ketika hendak melakukan pengurusan di bank, pemerintahan, atau saat hendak mengurus biaya pendidikan dan lainnya.

“Jika ada warga yang belum memiliki data kurang lengkap seperti Akta Lahir, BPJS Kesehatan, KTP, Kartu Keluarga atau lainnya silahkan datang ke Sopo Restorasi yang beralamat di Lorong Tapanuli No.50C kelurahan Sei Agul Kecamatan Medan Barat kota Medan,”sebut Antonius yang biasa disapa ATR.

Disebut dia lagi, Sopo Restorasi sudah mengurus sebanyak 8315 administrasi kependudukan dan sudah selesai diserahkan kepada warta oleh tim Sopo Restorasi.

Margono mewakili kelurahan Helvetia di kesempatan itu menjelaskan bahwa sangat penting bagi masyarakat untuk melengkapi Adminduk untuk mempermudah pengurusan baik BPJS Kesehatan, KTP, KK dan lain lain.

Kasitrantib Kelurahan Helvetia ini pun tidak lupa menyampaikan ucapan terimakasih kepada anggota DPRD Kota Medan dari Partai NasDem Kota Medan, Antonius D Tumanggor yang telah melaksanakan Sosperda tentang Adminduk di kelurahan Helvetia.

“Semoga pelaksanaan Sosperda No.3 Tahun 2021 tentang administrasi kependudukan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan warga yang hadir pada hari ini,”ujarnya sembari mengatakan jika Camat dan Lurah sedang ada pelaksanaan Outbond sehingga tidak dapat hadir.

Selanjutnya, kembali Antonius Devolis Tumanggor menghibur masyarakat yang diundang di acara tersebut sehingga suasana pun semakin semarak.

Di akhir acara Antonius Tumanggor memberikan souvenir dan nasi kotak serta diteruskan dengan foto bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *