HeadlineKolomOpini

Indonesia dan Korea Student Culture Exchange

348
×

Indonesia dan Korea Student Culture Exchange

Sebarkan artikel ini

Tulisan tentang : Indonesia dan Korea Student Culture Exchange

Penulis artikel, Larasati Rince Pratita Ritonga (kedannews.com/ist).
Penulis artikel, Larasati Rince Pratita Ritonga (kedannews.com/ist).

Tulisan tentang : Indonesia dan Korea Student Culture Exchange

Nama : Larasati Rince Pratita Ritonga
Nim : 0702213092
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Medan, kedannews.com – Perkembangan zaman di dunia digital semakin maju, maka banyak hal-hal yang perlu kita ubah dari kebiasaan kita agar tidak kalah saing dengan teknologi, meningkatkan pembelajaran dengan sharing culture mungkin dapat menjadi sebuah solusi agar mahasiswa/i atau pemuda/i di era sekarang memiliki wawasan yang luas dan mampu bersaing sehat dan mendunia.

Yang mana dapat diketahui bahwa Korea memiliki tingkat disiplin yang tinggi serta teknologi yang canggih, sedangkan Indonesia memiliki keragaman budaya, agama, dan keramahan yang baik.

Banyak hal-hal kecil yg mungkin dapat menjadi pembelajaran yang ditukarkan antara dua negara ini melalui pemuda/i nya.

Perlu diketahui bahwa Gwangju City, South Korea dan Kota Medan Indonesia adalah sister city yang telah terjalin sejak tahun 1997, maka dari itu Pemerintahan Kota Medan dan Gwangju bekerjasama untuk mengirimkan Pemuda/i nya mewakili kotanya masing2 untuk saling bertukar mengenai pendidikan dan kebudayaan serta teknologi.

Untuk tahun 2023, dimulai dari Kota Medan yang mengirimkan mahasiswa/i baik dari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) sebanyak 4 orang, Universitas Sumatera Utara (USU) 4 Orang, Universitas Muhammad Sumatera Utara (UMSU) 4 orang pula, total 12 orang untuk diberangkatkan ke Kota Gwangju Korea Selatan, pastinya sudah melalui tahap seleksi.

Pada tanggal 31 Oktober 2023, mahasiswa/i Kota Medan berangkat ke Kota Gwangju, dan mengunjungi Gwangju Internasional Center, Penguin Village, Medeung National Park, Jeonju Hanok Village, Noctomare Art Gallery, Pulau Yeosu, National Cemetery, Gwangju City Hall, dan Hwasun

Kunjungan tersebut guna untuk belajar memahami culture dan kemajuan teknologi serta tatanan kota yg ada disana, dan pulang ke Medan Indonesia pada tanggal 7 November 2023.

Sebagai mahasiswa yang ikut serta dalam pertukaran tersebut saya sangat banyak mengambil pembelajaran baik itu tentang culture nntime, kerapihan, kebersihan, dan kecanggihan teknologi yang ada disana, serta memahami apa itu privasi dan menjaga perasaan orang lain, juga pentingnya kenyamanan serta aset pendidikan disana pun patut untuk diacungi jempol.

Lalu pada tanggal 21-28 Februari 2024, 12 Mahasiswa/i Kota Gwangju Korea Selatan berkunjung ke Kota Medan Indonesia untuk mengunjungi, Kantor Wali Kota Medan, kediaman Wali Kota Medan, Danau Toba, Istana Maimun, dan sudut-sudut kota medan lainnya.

Mereka belajar mengenali dan memahami keragaman agama dan budaya yang ada di Indonesia melalui Kota Medan, Serta tatanan dan pepohonan yang berwarna hijau.

Mereka juga mengungkapkan bahwa makanan di Indonesia unik-unik, walaupun sekarang sudah kembali masing masing ke kotanya tapi komunikasi kami tetap berjalan dengan baik, dan masih saling bertukar cerita melalui sosial media.

“Sungguh pengalaman yang berharga yang dapat di implementasikan ilmu dan pengetahuannya di kehidupan sehari hari.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *