Scroll untuk baca artikel

Pemerintahan

Kadis Dukcapil Dairi Pimpin Rapat Dengan Petugas Layanan

1
×

Kadis Dukcapil Dairi Pimpin Rapat Dengan Petugas Layanan

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Dukcapil kabupaten Dairi Deddy Situmorang (membelakangi kamera) memimpin rapat dengan seluruh petugas loket layanan di ruang kerjanya, Rabu (8/5/2024). (kedannews.com/ Sondang Silalahi).
Kepala Dinas Dukcapil kabupaten Dairi Deddy Situmorang (membelakangi kamera) memimpin rapat dengan seluruh petugas loket layanan di ruang kerjanya, Rabu (8/5/2024). (kedannews.com/ Sondang Silalahi).

Dairi, kedannews.com – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si pimpin rapat dengan seluruh petugas loket layanan, bertempat diruang kerja Kadis Dukcapil Dairi, Rabu (8/05/2024).

Dalam arahannya, Kadis Dukcapil Dairi menyampaikan beberapa hal penting yang menjadi perhatian seluruh petugas front office dalam melayani warga dalam pengurusan dan penerbitan dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk).

“Secara umum pelayanan sudah semakin baik, diminta untuk terus dijaga dan ditingkatkan kualitasnya sesuai dengan SOP yang ditetapkan seperti setiap warga wajib mengisi buku tamu secara digital dan diterbitkan nomor antriannya. Petugas buku tamu tetap memperhatikan seluruh warga untuk diarahkan ke loket-loket pelayanan”, tutur Kadis.

Lebih lanjut, Ia juga mengingatkan kepada seluruh petugas loket untuk lebih memperhatikan warga yang akan mengurus dokumen adminduk melalui pemanggilan secara elektronik untuk mempercepat pemprosesan dokumen yang dibutuhkan warga.

Deddy juga meminta kepada stafnya agar seluruh warga yang datang untuk mengaktifkan Identitas Kependudukan Digital (IKD) dan terakhir mengisi Survey Kepuasan Masyarakat (SKM).

“Melalui SKM, kita dapat menilai kepuasan masyarakat atas pelayanan yang kita berikan sehingga terukur seluruh pelayanan yang kita berikan sebagai alat ukur kepada kita sebagai penyelenggara pelayanan”, tegasnya.

Untuk menghindari kesalahan dalam rekam KTP-el, sebaiknya setiap warga yang akan direkam terlebih dahulu diwawancarai. Pastikan kebenaran biodatanya, baru diambil biometriknya. Setelah itu, diterbitkan tiket layanan sebagai bukti telah direkam dan disampaikan kpd warga untuk menunggu sejenak, persetujuan dari Ditjen Dukcapil agar bisa dicetak atau dikenal dengan istilah Print Ready Record atau PRR.

Deddy juga berharap agar seluruh petugas front office tetap menjalankan SOP pelayanan yang telah ditetapkan bersama agar kualitas layanan tetap terjaga. Selain itu, persiapan kita persiapan penilaian penyelenggaraan pelayanan publik yang dilakukan Ombudsman RI dan Kemenpanrb untuk benar-benar dipersiapkan dengan baik dan hasilnya dapat meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *