Wakil Rakyat

Ketua DPRD Sumut Ikuti Apel Kesiapan Pemilu, Tekankan Pentingnya Netralitas TNI/Polri

11
×

Ketua DPRD Sumut Ikuti Apel Kesiapan Pemilu, Tekankan Pentingnya Netralitas TNI/Polri

Sebarkan artikel ini
Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting mengikuti apel bersama pengamanan pemilu 2024, Kodam I/BB dan deklarasi pemilu damai, Lapangan Benteng, Rabu (8/11/2023). (kedannews.com/istimewa)

Medan, kedannews.comKetua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting menekankan pentingnya netralitas TNI dan Polri dalam rangka menyongsong pemilu 2024. 

Hal tersebut disampaikan Baskami di hadapan awak media, pada kegiatan apel bersama pengamanan pemilu 2024, Kodam I/BB dan deklarasi pemilu damai, Lapangan Benteng, Rabu (8/11/2023). 

Baskami mengapresiasi langkah TNI/Polri dalam melakukan persiapan secara maksimal untuk menjaga keamanan dan stabilitas di Sumatera Utara. 

“Kita sangat bangga sekali TNI dan Polri berkomitmen menjaga netralitas sepanjang pemilu 2024,” katanya. 

Baskami juga mengajak para peserta pemilu, yakni partai politik untuk menjalankan pesta demokrasi secara damai. 

“Menang dan kalah itu resiko dalam perjuangan. Maka mari kita rayakan dengan kebahagiaan,” tambahnya. 

Baskami meminta seluruh pihak untuk menjaga diri, senantiasa rukun walaupun berbeda pandangan politik. 

“Jangan kita rusak tatanan masyarakat Sumut ini yang majemuk. Bagaimanapun pemilu kita harus damai,” jelasnya. 

Pantauan lapangan, acara tersebut hadir forkopimda Sumut, Pangdam I/BB, Mayjen TNI Mochammad Hasan. Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi, Kejatisu Idianto. 

Apel bersama tersebut juga mempertunjukkan simulasi pencegahan dan pengamanan eskalasi massa oleh TNI/Polri. 

Sementara itu, senada dengan Baskami, Pangdam I/BB, Mayjen Mochamad Hasan mengatakan Forkopimda secara lugas berkomitmen berupaya jaga stabilitas pelaksanaan pemilu. 

“TNI AD dalam hal ini siap mengamankan pemilu bersama unsur TNI lainnya dan Polri. Sumut ini jadi barometer nasional. Maka keamanan ini menjadi tanggung jawab kita bersama,” jelasnya. 

Hassan menyampaikan, Kodam I Bukit Barisan menyiapkan 2.437 personil dan 260 alutsista untuk membantu Polri di wilayah Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau melakukan Pengamanan (PAM) Pemilu 2024.

“Untuk wilayah Sumatera Utara, Kodam I/BB menurunkan 1.209 personil dengan 53 alutsista,” tambahnya. 

Sementara itu Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi, mengatakan langkah persiapan pengamanan pemilu oleh TNI dan Polri berjalan efisien, tepat dan cepat. 

“Kami akan memastikan keamanan akan terus kita jaga. Dinamika masyarakat akan kita pastikan dalam keadaan aman dan lancar, mohon dukungannya,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *