Scroll untuk baca artikel

Pemerintahan

Memperingati Harkitnas 2024, Saatnya Dairi Bangkit Dengan Berdayakan Teknologi Serta Tingkatkan Literasi

0
×

Memperingati Harkitnas 2024, Saatnya Dairi Bangkit Dengan Berdayakan Teknologi Serta Tingkatkan Literasi

Sebarkan artikel ini
Penjabat Bupati Dairi, Charles Bantjin saat bacakan sambutan pada ucapara Harkitnas di halaman Kantor Bupati Dairi, Senin (20/5/2024).(kedannews.com/Sondang Silalahi).
Penjabat Bupati Dairi, Charles Bantjin saat bacakan sambutan pada ucapara Harkitnas di halaman Kantor Bupati Dairi, Senin (20/5/2024).(kedannews.com/Sondang Silalahi).

Dairi, kedannews.com – Pemerintah Kabupaten Dairi gelar upacara bendrra dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Dairi, Senin (20/5/2024).

Pada kesempatan tersebut, Penjabat Bupati Dairi, Charles Bantjin menjadi pembina ucapara.

Upacara tersebut dihadiri oleh unsur unsur Forkopimda, kepala OPD, dan ASN Pemkab Dairi, dan perwakilan siswa dari beberapa sekolah dan undangan lainnya.

Dalam amanatnya, Pj Bupati Dairi, Charles Bantjin membacakan sambutan tertulis Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Budi Arie Setiadi dengan tema, ‘Bangkit Untuk Indonesia Emas’.

Dijelaskan, lahirnya kebangkitan nasional juga disertai dengan semangat berjuang bagi bangsa dan negara. Hal ini karena kebangkitan nasional merupakan tonggak sejarah yang memberikan inspirasi dalam perjuangan mewujudkan cita-cita kehidupan bangsa dan negara.

“Boedi Oetomo menjadi awal mula tempat orang belajar dan berdebat tentang banyak hal, seperti pentingnya pendidikan barat bagi rakyat Hindia Belanda serta penyebaran pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat tanpa memandang priayi atau bukan. Dari sana timbul pula pemikiran tentang pentingnya memperluas keanggotaan yang mencakup seluruh rakyat Hindia Belanda,” katanya.

Lanjutnya, Dari sejarah ini memahami, embrio Indonesia lahir dari kemajuan modern dan pencerahan dari kaum muda berpendidikan yang tidak kehilangan identitas ke-Indonesiaannya, termasuk dengan transformasi teknologi, digitalisasi dan bonus demography menuju Indonesia Emas 2045.

“Dari sejarah ini kita paham, embrio Indonesia lahir dari kemajuan modern dan pencerahan dari kaum muda berpendidikan yang tidak kehilangan identitas ke-Indonesiaannya, termasuk dengan transformasi teknologi, digitalisasi dan bonus demography menuju Indonesia Emas 2045,” katanya menambahkan.

Charles Bantjin, usai upacara menyebut amanat ini relevan dengan situasi dan kondisi Kabupaten Dairi tema ini dengan Kabupaten Dairi adalah bahwa Dairi juga mesti bangkit memanfaatkan bonus demography, sehingga dalam waktu 10 hingga 15 tahun Kabupaten Dairi secara khusus kaum muda juga bisa bangkit.

“Kita manfaatkan segala kesempatan untuk hal yang baik. Pada dasarnya Kabupaten Dairi juga sudah menuju kesana, yakni transformasi digital. Dalam era ini tentu kita juga pun harus waspada, dengan menambah literasi, kemajuan teknologi harus disaring dulu sehingga tujuan transformasi itu bisa tercapai. Dengan demikian target menuju Indonesia Emas di 2045 bisa kita wujudkan. khususnya di Kabupaten Dairi, untuk bisa bangkit dan selaras dengan kabupaten terdepan disekitarnya,” kata Charles.

Keterangan foto : Pemerintah Kabupaten Dairi melaksanakan upacara Hari Kebangkitan Nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *