Scroll untuk baca artikel

Pemerintahan

Peringati HUT ke-40, PPM Sumut Ziarah ke TMP Bukit Barisan dan Bantu Veteran

2
×

Peringati HUT ke-40, PPM Sumut Ziarah ke TMP Bukit Barisan dan Bantu Veteran

Sebarkan artikel ini
"Peringati HUT ke-40, PPM Sumut Ziarah ke TMP Bukit Barisan dan Bantu Veteran"
Ketua PPM Sumut, Irwan Sembiring, menabur bunga di makam pahlawan pada Peringatan HUT ke-40 PPM.

MEDAN, kedannews.comSuasana khidmat dan penuh penghormatan merebak di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bukit Barisan Medan, Sabtu (23/1) pagi itu, saat Pengurus Pemuda Panca Marga (PPM) Sumut melakukan ziarah ke makam para pahlawan bangsa. Pelaksanaan ziarah ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-40 PPM, selain penyerahan bantuan sosial kepada para veteran.

Prosesi ziarah diawali dengan upacara yang dipimpin oleh Ketua PPM Sumut, Irwan Sembiring. Tampak ikut dalam upacara yang menerapkan protokol kesehatan itu Sekretaris PPM Sumut, M. Niel Aldrinsyah, Wakil Ketua PPM Sumut, Isa Indrawan, Ketua PPM Medan, Hendri Jhon Hutagalung, Ketua Dewan Paripurna PPM Medan, Darussalam Pohan, Ketua PPM Deliserdang, Njata Ginting, Ketua PPM Tapsel, Salman Harahap, dan segenap pengurus PPM lainnya.  Setelah berdoa, dilakukan peletakan karangan bunga di tugu.

Setelah upacara dilakukan penaburan bunga di makam para pahlawan bangsa ini. Keharuan pun menyeruak, tidak sedikit makam yang diziarahi itu merupakan makam orang tua para pengurus PPM itu sendiri. Usai tabur bunga dilakukan penyerahan bantuan sosial secara simbolis kepada para veteran.

Peringatan HUT ke-40 PPM di Taman Makam Pahlwan Bukit Barisan ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Selain menjaga jarak, seluruh peserta juga wajib memakai masker, juga dipastikan mencuci tangan pakai sabun ataupun handsanitizer. 

Usai prosesi ziarah dan pemberian bantuan sosial, Ketua PPM Sumut, Irwan Sembiring, menyebutkan, kegiatan ziarah ke makam para pahlawan ini selalu dilakukan setiap memperingati HUT PPM.

“Sudah sewajarnya kami berziarah ke Taman Makam Pahlawan ini, karena memang kami, seluruh pengurus dan anggota PPM ini merupakan anak dan keturunan pejuang, keturunan veteran,” tegasnya. 

Berkaitan dengan pemberian bantuan kepada para veteran, Irwan mengatakan, bukan saja dilakukan pada saat HUT seperti ini. Dia menyebutkan, setiap perayaan hari besar keagamaan PPM Sumut juga menyerahkan bantuan sebagai bentuk perhatian dan penghormatan kepada para veteran.

“Ini sebagai salah satu bentuk penghormatan kami kepada para orang tua kami, Jangan dilihat dari nilainya,” ucapnya.  

Pada bagian lain, Irwan, PPM sudah memasuki masa yang matang dan siap berupaya untuk menyatukan seluruh anak bangsa menjadi garda terdepan untuk menjadikan Pancasila dan NKRI sebagai nafas negara.

Berkaitan dengan penanganan pandemi Covid-19, Irwan mengimbau masyarakat untuk mendukung program vaksinasi yang dilakukan pemerintah. Selain vaksinasi, lanjut, masyarakat harus terus menerapkan protokol kesehatan, yakni mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak, menghindari kerumuman.

Pada kesempatan itu, Irwan juga mengimbau agar para anggota PPM Sumut tetap solid dan tidak terpengaruh dengan ulah oknum yang ingin memecah belah organisasi.

“PPM ini adalah organisasi legal yang telah diakui negara dan disahkan Kemenkumham RI,” tandasnya. (ZF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *