BudayaPemerintahan

Pj. Gubsu Hasanuddin Buka Pesta Njuah-njuah: Dairi Bangun Wisata Budaya

×

Pj. Gubsu Hasanuddin Buka Pesta Njuah-njuah: Dairi Bangun Wisata Budaya

Sebarkan artikel ini
Foto : Bupati Dairi Eddy Berutu (dua dari kanan) bertepuk tangan ketika PJ Gubsu mengetuk palu tanda dibukanya pesta Njuah juah kabupaten Dairi thn 2023 di stadion baru Panji, kamis (2/11/2023).(kedannews.com/Sondang Silalahi)

Dairi, kedannews.comPj. Gubernur Sumatera Utara Hasanuddin membuka pesta budaya pesta Njuah njuah kabupaten Dairi, usai bupati Dairi Eddy Berutu lakukan pelepasan kirab budaya dari depan Kantor Bupati di Stadion Utama Sidikalang, Kamis (2/11/2023).

Dalam amanatnya Hasanuddin menyampaikan Pesta Njuah-juah adalah upaya pemerintah melestarikan budaya di tengah arus globalisasi yang makin tergerus oleh digitalisasi masa kini.

Pesta Njuah-juah sebagai pesta rakyat  yang mampu menghadirkan banyak orang menjadi momentum menjadikan pesta ini sebagai potensi wisata tahunan bagi Dairi, karenanya kata Hasanuddin, Pesta Njuah-juah harus betul-betul jadi pesta rakyat yang sesungguhnya.

“Pemkab Dairi harus berbenah dengan membangun  wisata berbalut budaya di mana Kabupaten Dairi merupakan bagian penting dari kawasan prioritas wisata Danau Toba,” sebutnya.

“Dengan pesta Njuah-juah ini saya berharap akan menarik banyak wisata ke Dairi melihat lebih banyak lagi kekhasan Dairi yang akan berdampak pada perekonomian masyarakat,” katanya menambahkan.

Lebih jauh Hasanudin menegaskan, Dairi sebagai daerah pertanian potensial harus mampu menyerap teknologi pertanian baru dalam sistem pertaniannya. Untuk mendukung hal tersebut, kepada pemerintah daerah, Hasanuddin menyampaikan 3 pola pengembangan pertanian dengan 3F, yaitu Fruits, Flower, dan Food.

“3F, Fruits, Flowers, dan Food, menjadi pola yang perlu dikembangkan oleh Dairi secara lebih masif ke depan. Semua potensi itu sudah ada di sini. Karena sektor pertanian Dairi memiliki potensi yang baik di Indonesia. Saya ingin petani Dairi berani mengembangkan pertanian yang lebih maju,” ujarnya lagi. 

Sebelumnya, masyarakat dari semua kecamatan yang ada dikabupaten Dairi, ber arak arakan datang dari kantor bupati Dairi menuju stadion baru, berbagai macam oleh oleh  (siluah) berupa hasil bumi dan kuliner dibawa oleh rombongan. Sayur mayur, buah buahan di bentuk indah di mobil mobil yang sengaja dihias dengan hasil bumi. Semua yang menghadiri pesta njuah juah terlihat memakai pakaian khas pakpak berearna hitam dihiasi manik manik emas. Semua bergembira dengan membawa siluah atas nama desa maupun kecamatan masing masing.setiap kecamatan membawa ciri khas hasil bumi dari desanya masing – masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *