Wakil Rakyat

PPDB Online Inovasi Disdik Batu Bara Permudah Wali Murid dan Solusi Atasi Kerumunan

×

PPDB Online Inovasi Disdik Batu Bara Permudah Wali Murid dan Solusi Atasi Kerumunan

Sebarkan artikel ini

Batu Bara, kedannews.com – Dinas pendidikan kabupaten Batu Bara melakukan sistim Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran (TP) 2021/2022 secara online sebagai inovasi mempermudah wali murid mengatasi solusi atasi kerumunan.

Hal ini dilakukan dimasa pandemi Virus Covid 19 sebagai bentuk pencegahan untuk menghindari kerumunan massa di setiap sekolah yang melaksanakan PPDB.

Untuk itu Pemerintah Kabupaten Batu Bara melalui Dinas Pendidikan memberikan kemudahan kepada masyarakat orang Tua yang melakukan pendaftaran anak – anak secara online melalui laman yang telah disediakan oleh Dinas pendidikan dengan nama Laman PPDB online SD dan SMP.

Para calon siswa dapat mengaksesnya dengan mudah disekolah sekolah yang di tuju melalui Laman tersebut dengan mudah melalui Android HP kapan dan dimana saja di jam kerja, dengan memberlakukan sistim Zona tempat tinggal Casis.

Disamping itu masyarakat juga bisa memperoleh informasi sekolah mana yang sudah memenuhi kuota.

Kemudahan lain yang diperoleh adalah para calon siswa bisa mendaftar di dua sekolah sekaligus, yang nantinya para operator yang cepat langsung melakukan Validasi maka casis akan dapat diterima di tempat sekolah yang lebih dulu melakukan validasi.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Batu Bara Ilyas S Sitorus SE M.Pd kepada wartawan saat melakukan peninjauan pelaksanaan PPDB di SMP N I Air Putih. Kamis 24/06/2021.

Kata Kadisdik Ilyas, PPDB hari ini sudah hari keempat berjalan dan Alhamdulillah berjalan lancar baik, walaupun ada kendala hanya sedikit dan saya melihat Melalui aplikasi yang saya pegang, para operator melakukan pekerjaan hingga malam hari untuk membantu orang tua atau wali siswa yang mungkin masih belum dapat memanfaatkan aplikasi dengan baik. Sehingga calon siswa terbantu oleh operator sekolah.

” Dalam mendaftar online sampai hari ini sekira pukul 9.30 wib sudah 3342 siswa dan 2600 siswa se Kabupaten Batu Bara yang sudah tervalidasi, dan ini menurut para kepala sekolah akan terus bertambah” ujar ncekli panggilan akrab Ilyas

Kadisdik juga mengatakan, antusias PPDB secara online ini lebih besar peminatnya dari pada mendaftar secara offline.

Sementara Kepala UPTD SMPN I Air Putih Edison Rajagukguk S.Pd MM mengatakan, dengan adanya PPDB online ini sangat membantu para orang tua siswa yang akan mendaftarkan anaknya karena mereka tidak lagi perlu datang ke sekolah, cukup dirumah aja, dan hal ini juga sangat mengurangi kerumunan di massa Covid-19.

” Terima kasih Kadisdik Batu Bara bapak Ilyas Sitorus yang telah berinovasi dalam penerimaan peserta didik baru secara online” ungkap Edison.

Selanjutnya Kadisdik kembali melakukan peninjauan di beberapa UPTD guna memastikan berjalannya sistim PPDB tersebut. (Eka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *