Scroll untuk baca artikel

Pemerintahan

Tim Juri Lomba Inovasi Daerah Provsu Hadir Di Dairi Lakukan Validasi Lapangan Layanan Jempol Siturang

13
×

Tim Juri Lomba Inovasi Daerah Provsu Hadir Di Dairi Lakukan Validasi Lapangan Layanan Jempol Siturang

Sebarkan artikel ini
Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang (baju putih paling kanan nmr dua)bersama masyarakat di pelayanan jempol siturang tuntas, Rabu (3/7/2024). (kedannews.com/Sondang Silalahi)
Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang (baju putih paling kanan nmr dua)bersama masyarakat di pelayanan jempol siturang tuntas, Rabu (3/7/2024). (kedannews.com/Sondang Silalahi)

Dairi, kedannews.com – Tim Juri Lomba Inovasi Daerah Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2024 hadir di Kabupaten Dairi untuk melakukan validasi lapangan terhadap implementasi inovasi Jempol Siturang ditengah-tengah masyarakat. Inovasi layanan ini diinisiasi oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi.

Tiga lokasi yang dikunjungi untuk meninjau langsung pelaksanaan pelayanan jempol siturang, seperti Pelayanan Jempol Siturang registrasi, penerbitan Adminduk dan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Kantor Bappeda Dairi, pelayanan Jempol Siturang tuntas Adminduk di Desa Hutarakyat dan Pelayanan Jempol Siturang Rekam KTP-el bagi kelompok rentan Adminduk khusus penyandang disabilitas di Kelurahan Sidiangkat.

Tim Juri yang melakukan validasi lapangan di Dairi dipimpin Dr. Fotarisman Zaluchu, SJM, MPH bersama rombongan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara. Pejabat Pemkab Dairi yang menerima kunjungan tim juri dari Bappelitbang Provsu, Pj. Sekda Dairi Jonny Hutasoit, S.Sos, MM, Kadis Dukcapil Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si, Kepala Bappeda Dairi Romedi N Bangun, ST, ME, Kabid Riset dan Inovasi Daerah Bappeda Dairi Luber Sianturi, S.Si, Apt, MM, Kasubbag Keuangan Dukcapil Dairi Agus Rajagukguk, S.Kom.

Dalam keterangannya, disela-sela waktunya mendampingi kunjungan tim juri, Kadis Dukcapil Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si menjelaskan bahwa dalam lomba inovasi daerah tingkat Provinsi Sumut telah masuk tahap akhir, dimana ada tiga tahap. Tahap pertama penilaian substansi, penilaian terhadap proposal, kematangan inovasi dari dokumen dan data dukung dari 20 indikator. Tahap kedua, penilaian melalui persentasi dan wawancara atas inovasi yang diajukan. Tahap ketiga, Tim Juri melakukan validasi lapangan atas penerapan inovasi.

“Kunjungan Tim Juri hari ini merupakan tahap akhir untuk penilaian lomba inovasi yang kami ikuti di tingkat Provinsi Sumatera Utara. Untuk memastikan inovasi ini benar-benar memberikan dampak yang positif bagi Warga Dairi, kami mempersiapkan 3 lokasi sebagai lokus peninjauan, di Kantor Bappeda, Desa Hutarakyat dan Kelurahan Sidiangkat”, tuturnya penuh semangat, Rabu (03/07/2024).

Lebih lanjut Ia menuturkan bahwa Jempol Siturang masuk 10 besar dari 226 inovasi kategori Perangkat Daerah Kabupaten/Kota se – Sumatera Utara. Prestasi ini sangat membanggakan Pemerintah Kabupaten Dairi dapat berkompetensi lomba inovasi daerah dengan 33 Kabupaten/Kota Se – Sumut.

“Pada tahun 2022, Inovasi Perkebbas dari Dinas Dukcapil Dairi telah berhasil meraih prestasi juara III dalam Lomba Inovasi Daerah Tingkat Provsu. Sehingga inovasi Jempol Siturang juga berharap dapat memberikan prestasi yang lebih maksimal sehingga dapat dipertandingkan dalam perlombaan sampai ditingkat Nasional Tahun 2024”, harap Dr. Deddy.

Deddy juga menjelaskan bahwa Inovasi Jempol Siturang menyasar seluruh warga yang masuk dalam kategori kelompok rentan adminduk seperti penyandang disabilitas, korban bencana alam, korban bencana sosial. Selain itu, diberikan juga pelayanan kepada pelajar-pelajar mulai tingkat PAUD, TK, SD, SMP dan SMA. Pelayanan penyerahan akta kawin di gereja-gereja, Pelayanan adminduk di Kantor Urusan Agama (KUA), tuntas adminduk di Desa-Desa/Kelurahan Se- Dairi, pelayanan di Pengadilan Negeri Sidikalang dan Pengadilan Agama Sidikalang.

“Pelayanan Jempol Siturang ini telah dirasakan masyarakat sejak tahun 2020 hingga sampai saat ini. Setiap tahunnya capaian dokumen adminduk yang diterbitkan terus mengalami peningkatan. Sejak Tahun 2020 jumlah dokumen yang diterbitkan sebanyak 13.405 dokumen. Selanjutnya, Tahun 2021 sebanyak 17.120 dokumen, Tahun 2022 sebanyak 19.137 dokumen dan Tahun 2023 sebanyak 40.659, sehingga total capaian dokumen adminduk yang telah diterbitkan melalui inovasi Jempol Siturang sebanyak 90.321 dokumen”, ujarnya.

Ia juga menyampaikan bahwa Jempol Siturang memberikan dampak positif bagi Seluruh Warga Dairi, seperti pelayanan semakin mudah, cepat dan tuntas, pelayanan dekat dengan masyarakat, dokumen adminduk dapat langsung diperoleh warga, waktu pelayanan cepat, pelayanan semakin efektif dan efisien, mengurangi biaya transportasi, akomodasi dan lainnya serta menghilangkan calo.

Hasil pelayanan Jempol Siturang Tuntas Adminduk di Desa Hutarakyat, 4 orang rekam KTP-el, cetak KTP-el 17 keping, 19 Kartu Keluarga, 6 akta lahir, 2 akta perkawinan, 2 akta kematian, 10 keping KIA, 1 SKPWNI dan 12 orang aktivasi IKD.

Sementara hasil pelayanan jempol siturang di Bappeda Dairi, 28 orang aktivasi IKD, 13 perubahan Kartu Keluarga (KK), 36 penerbitan perubahan akta lahir, 4 penerbitan perubahan akta perkawinan, 21 registrasi akta kelahiran, 4 registrasi akta perkawinan dan 1 orang penggantian KTP-el.

Sedangkan pelayanan jempol siturang rekam KTP-el di Kelurahan Sidiangkat terhadap penyandang disabilitas Intelektual Mario Kevin Sinamo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *