Scroll untuk baca artikel

PolitikTNI/Polri

TNI Serukan Netralitas Pemilu Damai, Arief Tampubolon: Polri Juga Bisa Melakukan

12
×

TNI Serukan Netralitas Pemilu Damai, Arief Tampubolon: Polri Juga Bisa Melakukan

Sebarkan artikel ini
Sejumlah personel militer dan PNS pada Badan Pembinaan Administrasi Veteran dan Cadangan Kodam I/Bukit Barisan (Babinminvetcaddam I/BB) melakukan sosialisasi netralitas pemilu sambil jalan santai di beberapa ruas jalan protokol Kota Medan, Jumat 12 Januari 2024. (kedannews.com/istimewa)

Medan, kedannews.comSejumlah personel militer dan PNS pada Badan Pembinaan Administrasi Veteran dan Cadangan Kodam I/Bukit Barisan (Babinminvetcaddam I/BB) melakukan sosialisasi netralitas pemilu sambil jalan santai di beberapa ruas jalan protokol Kota Medan, Jumat 12 Januari 2024.

Aktivitas olah raga TNI dan PNS Kodam I/BB ini jadi perhatian warga dengan yel yel dan Mars TNI AD yang dinyanyikan sambil jalan berbaris dengan rapi. 

“Ini memang sengaja kita lakukan. Sambil olah raga sekaligus mensosialisasikan tentang Netralitas TNI serta seruan untuk Pemilu Damai kepada publik,” ucap Kepala Babinminvetcaddam I/BB, Kolonel Inf Joko Suprianto di sela memimpin kegiatan. 

Menurut Kolonel Jokosu sapaan akrab, kegiatan seperti ini merupakan kali pertama yang dilakukan pihaknya di jajaran Kodam I/BB. 

Karenanya, ia berharap ini bisa rutin dilakukan di hari hari berikutnya dan dalam konteks kegiatan lainnya. 

“Sosialisasi netralitas TNI ini merupakan atensi Panglima TNI dan Kasad yang kemudian kembali diperkuat oleh Pangdam I/BB kepada satuan di jajaran, termasuk Babinminvetcaddam ini. Di sini, saya juga sudah meneruskannya ke seluruh satuan jajaran yang berada di empat provinsi, sehingga diharapkan tidak ada lagi di antara Prajurit yang tidak mengerti dan memahami apa itu Netralitas TNI,” papar Kolonel Jokosu.

Di kesempatan yang sama, Kolonel Jokosu juga ingin memastikan bahwa kegiatan yang dilakukan ini sebagai bentuk persiapan bagi personil di jajarannya untuk diperbantukan dalam tugas Pengamanan Pemilu 2024.

“Kita berkomitmen untuk menghadirkan Pemilu Damai di tahun 2024. Ini tergambar dalam tema kegiatan yang kita kemas, yakni ‘TNI Netral, Pemilu 2024 Berjalan Tertib dan Kondusif, Kita Semua Bersaudara’, serta ‘Bersama Babinminvetcaddam I/BB, Pemilu 2024 Berjalan Lancar dan Aman’,” urainya. 

Jalan santai yang menempuh jarak kurang lebih 5 Km ini, diawali dengan senam SKJ 88, dilanjutkan pengarahan singkat, dan pelepasan peserta.

Adapun rute jalan santai ini dengan start dari Kantor Babinminvetcaddam I/BB di Jalan Letjen Suprapto – Jalan Jenderal Sudirman – Jalan Pangeran Diponegoro – Jalan Pengadilan – Lapangan Benteng – Jalan Maulana Lubis – Jalan Imam Bonjol – Jalan Badir dan finish kembali di Kantor Babinminvetcaddam I/BB.

Aksi jalan sehat netralitas TNI dan PNS Kodam I/BB mendapatkan respon positif dari anggota tim juru kampanye TPD AMIN Sumut Arief Tampubolon. Ia menilai, apa yang dilakukan prajurit dan PNS Kodam I/BB merupakan sikap integritas yang harus dicontoh semua oknum instansi pemerintah. Polda Sumut pun bisa juga melakukannya.

“Kalau bisa Polri juga bersikap yang sama dengan apa yang dibuat oleh TNI dan PNS Kodam I/BB di Medan. Ini bentuk integritas yang diinginkan rakyat,” ucap Arief Tampubolon.

Arief pun berharap Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi melakukan hal yang sama di Kota Medan, dengan kegiatan jalan santai netralitas pemilu damai.

“Jika pak Irjen Agung tak sempat melakukannya, bisa diserahkan tugas kegiatan netralitas pemilu damai oleh Wakapolda Sumut Brigjen Pol Rony Samtana. Jadi kelihatan Sumut ini tidak bisa diintervensi oleh kekuasaan,” tegas aktivis antikorupsi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *