Ragam

Tol Tebing Tinggi-Indrapura dan Indrapura-Lima Puluh Resmi Beroperasi

6
×

Tol Tebing Tinggi-Indrapura dan Indrapura-Lima Puluh Resmi Beroperasi

Sebarkan artikel ini
Jalan Tol Indrapura-Kisaran Seksi Indrapura-Lima Puluh. (kedannews.com/istimewa)

Batu Bara, kedannews.comTol Indra Pura-Lima Puluh dan Tol Tebing Tinggi-Indrapura resmi beroperasi hari ini. Penggunaan jalan tol ini masih gratis.

“Untuk tarif masih nol rupiah jadi masih kita operasikan tanpa tarif sampai menunggu Permen Tarif keluar dari Kementerian PUPR. Namun begitu, pengendara tetap tapping di gerbang masuk dan juga gerbang keluar,” kata Branch Manager Hutama Karya Indrapura-Kisaran Ari Wibowo, Jumat (10/11/2023).

Tol Indrapura-Lima Puluh ini sepanjang 15 km dan tol Tebing Tinggi-Indrapura sepanjang 28 km. Ari menyebutkan bahwa pengoperasian ruas tol ini dilengkapi dengan sarana dan prasarana seperti rest area di dua titik untuk seksi Indrapura-Lima Puluh.

“Untuk Rest area di seksi Indrapura- Lima Puluh ada dua di KM 118A dan KM 119B. Namun saat ini masih proses konstruksi, kita targetkan saat rest area momen natal atau tahun baru nanti bisa difungsikan oleh masyarakat,” tuturnya.

Pantauan wartawan, mulai pukul 10.00 WIB, belasan kendaraan mulai melintas seperti mobil pribadi, truk, hingga bus melewati gerbang tol Lima Puluh.

Sementara itu, Bupati Batu Bara Zahir mengungkapkan pengoperasian perdana Tol Indrapura-Lima Puluh dan Tol Tebing Tinggi-Indrapura akan mendorong geliat ekonomi di Kabupaten Batu Bara.

“Ini sangat kami nantikan karena dengan adanya tol ini akan mempercepat transportasi, mempercepat hasil pertanian yang pada akhirnya meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya di Batu Bara,” kata Zahir.

Hal ini ia beberkan lantaran banyak produk dari Batu Bara yang dibawa ke Kota Medan maupun kota lainnya. Kini para pedagang dapat mengantarkan produk segar dengan jarak tempuh yang lebih cepat dari semula lebih dari 1,5 jam, kini hanya 15-20 menit saja.

“Sangat berlipat-lipat kita rasakan, ya untuk mengirim hasil perikanan, pertanian ataupun bahan baku itukan lama apalagi kondisi jalan nasional kita yang memang perlu diperbaiki tapi dengan jalan tol ini akan cepat,” ujar Zahir.

“Ikan dan cabai tidak busuk sampai disana, nanti ikan dan cabai segar yang sampai ke medan dan sampai kemana-mana. Ini membuat perputaran ekonomi semakin cepat,” lanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *