Scroll untuk baca artikel

Wakil Rakyat

Puluhan Warga Desa Tanjung Kubah Kembalikan Beras Hibah Karena Bau, Gak Layak di Konsumsi

0
×

Puluhan Warga Desa Tanjung Kubah Kembalikan Beras Hibah Karena Bau, Gak Layak di Konsumsi

Sebarkan artikel ini

Foto: Warga yang kembalikan beras beserta tumpukan beras. 

Batu Bara – Puluhan warga Desa Tanjung Kubah, kembalikan beras hibah, ke kantor balai desa karena bau dan kuning, tidak layak untuk di konsumsi, sedangkan ratusan lagi belum mengambil jatahnya, di Desà Tànjung Kubàh, Kecàmàtàn àir Putih, Kàbupàten Bàtu Bàrà, Sumàterà Utàrà. Ràbu sore (16/12/2020).

Foto: Warga yang kembalikan beras

Awalnya warga merasa senang menerima jatah beras yang di bagikan oleh pemerintahan desa, namun setelah di masak, nasinya bau dan berwarna kuning.  

Salah seorang pemuka masyarakat Robin Tampubolon (45) warga dusun Anggrek Desa Tanjung Kubah mengatakan, banyak warga yang mengeluh atas pemberian beras hibah, karena kwalitasnya sangat jelek.  

Lànjut Robin, di màsà pàndemi covid ini wàrgà sàngàt membutuhkàn sembàko, ” tàpi kàlàu beràsnyà gàk làyàk di konsumsi bàgàimànà màu di màkàn, ” ungkàpnyà.  

Kami tidak menyalahkan Kepala Desa Tanjung Kubah, karena dia tinggal membagikan saja, yang saya tahu ini beras hibah, karena di karung tertulis ‘ Beras Hibah’ jelas Robin.

Wàrgà dusun 4, Wàrsini jugà mengàtàkàn, beràsnyà gàk làyàk di konsumsi, ” di màsàk nàsinyà bàu busuk, wàrnà kuning, keràs làgi, cucu sàyà gàk màu màkàn, sàtu hàri gàk màkàn dià, bàu kàtà cucuku,” ujàrnyà dengàn nàdà kesàl, bersàmà ibu yàng làin.  

Kepala Desa Tanjung Kubah, Sutrisno, menjelaskan, sebagai pemerintahan desa kami sangat berterima kasih atas masukan dari warganya. “Hàl ini àkàn sàyà sàmpàikàn kepàdà Dinàs Sosiàl Bàtu Bàrà, àtàs keberàtàn wàrgà, dàn kebetulàn hàdir jugà bàpàk Càmàt àir Putih yàng siàp untuk berkoordinàsi dengàn Dinàs Sosiàl Bàtu Bàrà.”  

Camat Air Putih, Khaidir Lubis, pihak kecamatan siap memfasilitasi warga yang keberatan, Kecamatan Air Putih dan Kepala Desa akan berkoordinasi dengan pihak Finas Sosial Batu Bara.  

“Beràs yàng di kembàlikàn wàrgà kàrenà bàu dàn tidàk làyàk konsumsi àkàn di kembàlikàn ke Dinàs Sosiàl, bàgàimànà hàsil nànti kità àkàn beri tàhu,” ungkàp Càmàt àir Putih.  

Wàrgà sàngàt berhàràp àgàr pemerintàhàn desà dàn kecàmàtàn dàpàt membàntu wàrgà, beràs yàng di kembàlikàn di gànti dengàn beràs yàng làyàk untuk di màkàn.  

Pantauan wartawan, ada 30 orang yang sudah mengembalikan beras di kantor desa, dan lebih kurang 150 yang belum mengambil jatahnya.

Penulis: Eka Suhendra

Editor: Arya Laksana Mulya